Minggu, 14 Maret 2010

CPU WATER COOLING


Image
Sistem pendinginan air dalam PC membawa beberapa kelebihan: Komponen terintegrasi seperti CPU atau graphics card akan menjadi 10% lebih dingin, sehingga umurnya akan lebih panjang. Dengan produksi panas lebih rendah, beban sistem dan kebutuhan ventilasi berkurang, PC pun nyaris tanpa bunyi.

Memasang sistem pendingin air (water cooling) tidaklah terlalu sulit. Berikut akan CHIP berikan panduan langkah demi langkah untuk menginstalasi pendingin air. Dalam praktek ini , menggunakan perangkat Innovatek Premium XXD dan casing tower Silverstone TJ06. Anda tidak harus menggunakan merek ini. Di pasaran tersedia banyak merek penyedia solusi water cooling. Metode pendingin air lainnya kurang lebih sama.


1. Menyiapkan peralatan

Suksesnya suatu pekerjaan biasanya dimulai dengan peralatan yang memadai dan lengkap. Untuk menginstalasi pendingin air, dibutuhkan sebuah tool serbaguna khusus untuk yang gemar mengutak-atik PC. Pilihan jatuh pada Victorinox Cyber Tool no.34.
Image

Tool mini ini bisa menggantikan semua isi kotak peralatan Anda. Di dalamnya terdapat tang, sebuah gunting, obeng kembang kecil dan sedang. Selain itu kunci pas ukuran 13 dan 16 juga digunakan untuk mengencangkan sambungan.

2. Menyiapkan radiator

Image

Pertama siapkan radiator. Dalam siklus pendinginan, radiator menjamin air dapat turun ke suhu yang cukup dingin (biasanya sekitar 40 derajat). Tergantung tipenya, dengan dukungan 1-2 kipas berdiameter 12 cm yang berputar tanpa bising, radiator mengusir panas keluar casing. Ketika memasang kipas perhatikan agar panah dalam bingkai kipas menunjuk ke radiator dan kabel listrik bertemu di tengah.

3. Memasang radiator pada dinding samping casing

Kini saat yang tepat untuk memasang sambungan pipa ke dalam radiator. Untuk amannya, kencangkan pasangan sekrup dengan kunci pas ukuran 16 (cukup kencang tapi jangan sampai terputar habis). Setelah itu pasanglah radiator pada dinding casing.
Sebuah single radiator (dengan 1 kipas) dapat dipasang di balik fan pada dibagian depan casing, tempat masuknya udara segar. Pada casing tertentu, radiator bisa dipasang pada tempat kipas di belakang CPU. Namun dual radiator yang digunakan membutuhkan lebih banyak tempat. Untuk itu kami menggunakan ruangan pada dinding samping.

Disarankan menyarankan untuk membuat celah dan lubang yang dibutuhkan di tukang yang berpengalaman. Solusi lain yang lebih baik adalah menggunakan casing yang memang dirancang khusus untuk sistem water cooling yang Anda gunakan. Apabila Anda berencana untuk mengerjakannya sendiri, berhati-hatilah karena bahan casing yang terbuka sangat tajam.

Innovatek menawarkan sistem pendinginan air berikut casing dalam satu paket. Akan tetapi untuk proyek , kami memilih casing Silverstone TJ06 dengan dinding samping yang telah dipersiapkan untuk produk Innovatek ini.
Image

Gambar A : Letakkan dinding samping casing di meja kerja dengan lubang menghadap Anda. Tempatkan radiator pada lubang tersebut dengan kipas menghadap ke atas. Kini balikkan dinding berikut radiator dan cocokkan lubang pada dinding dengan lubang sekrup pada radiator.
Image

Gambar B : Agar lebih rapi, tempatkan penutup kipas warna hitam pada lubang, lalu sekrupkan semuanya dengan 8 buah sekrup Torx berwarna hitam yang telah disertakan.

4. Melengkapi radiator dengan adaptor tegangan

Kipas biasanya digerakkan dengan daya 12 V. Frekuensi putarnya juga bermacam-macam sesuai spesifikasi. Grill radiator pada pendingin air sudah menelan banyak panas sehingga sepasang kipas 12 V akan terasa terlalu besar.

Image

Untuk water cooling, disarankan memakai kipas 5-7 V untuk menjaga komponen tetap dingin. Dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan sistem PC yang nyaris tanpa bunyi.

Untuk memasangnya, hubungkan kabel listrik kedua kipas, lalu hubungkan koneksi ini dengan adaptor tegangan yang disertakan. Langkah selanjutnya, hubungkan ke power supply.

5. Memasang pendingin air pada graphics card

Kini kita beralih ke graphics card, salah satu sumber utama kebisingan dalam banyak PC. disini memodifikasi ATI All-in-Wonder X800XL PCI Express untuk mengadopsi sistem water cooling. Caranya serupa dengan tipe card lainnya.

Sebelum Anda mulai membuka pendingin standar dari graphics card, ada 2 catatan penting. Pertama: Dengan modifikasi, garansi graphics card akan hilang. Oleh karena itu periksalah terlebih dulu semua fungsi card. Kedua: Manusia memiliki muatan statik yang mengalir ketika yang bersangkutan menyentuh benda logam (misalnya pegangan pintu). Apabila muatan statik tersebut mengalir ke graphics card, bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Tidak banyak pengguna yang memiliki alat anti statik. Oleh karena itu sebaiknya alasi graphics card Anda dengan kemasan antistatik. Lepaskan pula muatan statik Anda dari waktu ke waktu dengan memegang benda logam.
Image

Gambar A : Pada seri X800 , ada 6 buah sekrup yang harus dilepas untuk membebaskan card dari pembuat 'onar'. Dua sekrup yang lebih kecil dalam per spiral mengoptimalkan tekanan datar blok pendingin pada prosesor grafik. Empat sekrup lainnya menyangga pendingin. Apabila semua sekrup telah terlepas, pendingin masih menempel karena ada pasta penghantar panas. Putarlah ke kiri dan kanan untuk melepaskannya.
Image

Gambar B : Kini tampak sisa-sisa pasta pada chip memori dan prosesor grafik. Bersihkan dengan lap yang kering (misalnya tissue). Jika masih belum hilang, gunakan pelarut cat kuku. Tentu saja, pendingin air juga membutuhkan pasta penghantar panas yang baru.

Di sini berlaku motto "Less is better!" Cukup setetes pasta penghantar panas dioleskan merata untuk setiap komponen, sudah cukup. Fungsinya terutama meratakan permukaan komponen agar tidak ada celah berisi udara. Pasta adalah penghantar panas yang sedang. Udara merupakan penghantar panas yang buruk.

Tip: Anda dapat menggunakan kartu nama yang sudah tidak dibutuhkan untuk mengoleskan pasta penghantar panas secara merata.
Image

Gambar C : Selanjutnya letakkan pendingin air di atas meja dengan waterblock terpasang menghadap ke atas. Cocokkan lubang-lubang sekrupnya dengan lubang pada graphics card. Sebuah plat plastik tersedia sebagai pengganti fungsi per spiral.

Untuk melindungi komponen di sekitarnya, tempelkan sebuah bantal busa di antara komponen graphics card dan plat plastik tersebut, langsung pada sisi belakang prosesor 3D.

Elemen pendingin air ini hanya membutuhkan 3 sekrup pendukung pada bagian luar. Kencangkan ketiga sekrup ini bergantian sedikit demi sedikit (seperti ketika Anda memasang ban mobil). Maksudnya agar tekanannya menjadi merata. Lakukan hal yang sama ketika menyekrup plat plastik.

6. Memasang pendingin air pada CPU

Sebagian besar panas casing berasal dari CPU. Kipas CPU juga merupakan sumber suara paling bising. Mengganti kipas CPU dengan pendingin air tidaklah sulit. Pertama lepaskan kipas dengan hati-hati. Mungkin perlu diputar sedikit ke kiri dan kanan untuk menghilangkan daya rekat pasta.
Image

Hati-hati! Apabila asal mencabut, CPU bisa ikut terlepas dari soketnya. Setelah itu bersihkan chip dari sisa pasta.

Selanjutnya lepaskan bingkai soket asli dari mainboard dan pasang bingkai yang tepat. Pada paket penjualan water cooling, biasanya bingkai ini telah disertakan sesuai tipe CPU Anda. Jangan lupa, sebelum menempatkan pendingin air, oles tipis CPU dengan pasta penghantar panas. Akhirnya pasang pengencang pada kedua lubang bingkai soket, lalu tariklah tuas pengencang, selesai.

7. Memasang pompa ke dalam PC

Pasanglah 4 sekrup karet pada pelat aluminium. Langkah ini dimaksudkan untuk mengisolasi getaran pompa yang berasal dari casing PC. Kemudian pasang pompa pada sekrup-sekrup karet. Kencangkan dengan plat kecil dan mur yang disertakan dengan menggunakan tang kecil. Kini saatnya Anda melengkapi pompa dengan sambungan pipa dan tabung reservoir. Supaya aman kencangkan sekrup-sekrup dengan kunci pas ukuran 13. Tempatkan reservoir di atas ujung pompa yang bulat.
Image

Di dalam casing, dengan lem perekat yang disertakan, unit pompa ini diletakkan di dalam casing bagian depan, dengan tabung reservoir menghadap ke luar (gambar 11). Peletakan di posisi ini tentu menjadi praktis karena menjadi satu dengan casing. Jika diinginkan, Anda bisa meletakkannya di luar casing.


8. Menghubungkan elemen pendingin dengan pipa

Apabila semua komponen sudah berada dalam casing, pemasangan pipa bisa dimulai. Untuk itu, letakkan casing yang terbuka di hadapan Anda dengan dinding samping berikut radiator di depannya. Hubungkan pipa dari tabung reservoir ke graphics card, lalu ke CPU, radiator dan terakhir pompa.

Image

Ukurlah panjang pipa yang dibutuhkan dan potong tegak lurus. Usahakan agar pipa tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Pipa yang terlalu panjang tentu dapat mengganggu sistem pengkabelan.

Pada tiap sambungan, buka mur dan tempatkan di atas ujung pipa yang akan dipasang. Selanjutnya kencangkan mur dengan kunci pas ukuran 16. Pastikan bahwa semua sambungan telah aman. Kini sistem Anda tampak seperti dalam gambar 11.

9. Menyiapkan pompa untuk pengisian air

Seperti tampak dalam gambar, hubungkan pompa dengan konektor kabel power pada power supply. Selain pompa, tidak boleh ada perangkat lain yang terhubung dengan power supply. Pada langkah ini, pompa akan difungsikan untuk pengisian air saja. Jika PC diaktifkan tanpa sistem pendingin, komponen bisa rusak akibat kepanasan.
Image

Power supply tidak akan hidup tanpa koneksi ke motherboard, karena itu kita dapat mengakalinya dengan konektor bridge yang disertakan.

Kabel hitam akan mensimulasikan koneksi board bagi power supply. Setelah posisi saklar dipindah, pompa mulai bekerja. Jika tidak tersedia konektor ini, hubungkan saja kabel hijau power supply dengan kabel hitam (pin 17 dan 18).

10. Mengisi air ke dalam tabung reservoir

Jika pompa berfungsi, air akan mengalir. melalui pipa ke komponen pendingin (water block). Untuk mengisinya, gunakan air yang telah disertakan. Biasanya tiap paket water cooling telah menyediakannya. Innovatek contohnya, menyertakan air destilasi dengan tambahan bahan kimia untuk menjaga kesegaran air. Jika Anda menggunakan air destilasi tanpa pengawet, gantilah air setidaknya setiap 2 tahun.
Image

Awas :
Jangan sekali-sekali menggunakan air PAM atau sumur karena mengandung banyak bakteri yang akan berkembang biak dalam waktu singkat serta merusak efek pendinginan.

Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam tabung hingga batas bawah. Tunggu hingga pompa mengalirkan air. Lanjutkan mengisi secara bertahap hingga pompa berhenti berbunyi.

11. Babak akhir dan uji coba

Setelah air mengalir dalam siklus, periksalah apakah ada kebocoran. Jika ada air yang menetes, biasanya mur kurang kencang. Jika pompa masih berbunyi aneh walau tampak sudah penuh, ada cara khusus: Pegang dinding casing berikut radiator dengan kedua tangan dan ayunkan seperti bila Anda ingin meratakan minyak dalam kuali.

Image

Jika setelah 15 menit semua masih kering dan pompa tidak lagi mengeluarkan bunyi aneh, tutup tabung. Kini Anda dapat mencabut konektor bridge dari power supply dan mulai memasang kabel-kabel dalam PC.

Memasang dinding samping casing berikut radiator membutuhkan kecermatan. Jarak-jaraknya harus diukur tepat. Posisi sambungan yang salah bisa menghalangi pemasangan. Jika kurang pas, aturlah untuk mengoreksi posisinya. Kecermatan juga dibutuhkan ketika memasang pipa, tidak boleh tertekuk atau tergencet. Semuanya dilakukan agar semua komponen dapat berfungsi edngan baik. Pipa tergencet misalnya, akan menghalangi jalur air.

12. Pendinginan air tingkat lanjut

Di samping prosesor dan graphics card, chipset atau hard disk dengan frekuensi tinggi yang bising juga cocok didinginkan dengan water cooling. Anda bisa mendapatkan water block yang tepat untuk semua komponen tersebut. Sebaliknya dengan power supply, tidak ada langkah aman untuk mengadopsi water cooling di komponen ini. Sebagai tips tambahan, hindari penggunaan air dengan tambahan bahan fluoresens, karena kemungkinan dapat menyebabkan karat pada logam.
Image

Jika Anda sama sekali tidak mentolerir kipas, pilihannya adalah radiator pasif (gambar kiri seri Konvekt-O-Matic, harga mulai US$80 di Innovatek) yang menjamin pertukaran panas melalui material khusus (air cooled). Radiator pasif ini dapat ditempatkan di bagian samping PC atau dengan sedikit keterampilan, disekrup pada bagian luar dinding casing. Lubang-lubang yang dibutuhkan tentu harus Anda bor sendiri.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
Anwar Saputra
Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Laman

Search

Memuat...
 

blog tutorial - IT & komputer Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha