Kamis, 10 Desember 2009

Cara Untuk Menghilangkan Spyware


Kita sering mendengar banyak orang yang mengeluh karena komputer mereka akhir-akhir ini lambat sekali jalannya dan kebanyakan juga protes karena banyak iklan ‘pop-up’ yang muncul ketika mereka lagi browsing internet.
Pop-up ini disebabkan oleh program berhasil diinstall di komputer kita yang juga dikenal dengan nama spyware.
Cara mengatasinya
Banyak program spy removal yang beredar saat ini untuk menanggulangi masalah seperti ini. Tetapi program apa yang paling manjur untuk menghilangkan spyware?. Setelah bermain-main dengan mencoba berbagai program spy removal yang ada saat ini, akhirnya saya menemukan software yang bagus yang dapat meghilangkan semua spyware di komputer saya. Mudah-mudahan ini dapat membantu saudara, apalagi cara ini bisa didapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

1. Software pertama adalah SpyBot Search & Destroy. Anda dapat men-download-nya di http://www.safer-networking.org. Install software ini dan update database-nya dengan menekan tombol ’search for update’. Tekan tombol ‘Search for Problems’ dan hapus program yang ditemukannya. Reboot komputer anda.

2. Software yang kedua adalah Ad-aware keluaran Lava-Soft http://www.lavasoftusa.com). Download free version-nya dan install dikomputer anda. Seperti sebelumnya, update dulu database-nya dan jalankan. Hapus semua program yang ditemukannya dan reboot komputer anda.

Untuk lebih amannya ulang kedua langkah diatas sekali lagi sampai semua spyware yang ada di komputer tidak ditemukan lagi. Anda dapat menjalankan program ini dan meng-update database-nya paling tidak seminggu sekali.

Bagaimana spyware ini bisa sampai di komputer kita?

Program ini bisa sampai di komputer kita karena setting security di komputer kita terlalu rendah. Beberapa langkah dibawah dapat membantu supaya masalah seperti ini tidak terulang kembali:

1. Hati-hati dengan program-program yang anda install. Banyak program download seperti Kazaa, Imesh dlsb. yang menginstall software lainnya yang dapat membuat komputer anda lambat dan bahkan dapat mebuat komputer and crash.
2. Update komputer anda dengan patch yang disediakan Microsoft. Di Internet Explorer, buka Tools > Windows Update > Product Update dan install semua security update yang ada. Penting untuk meng-update security fixes ini secara regular. Update juga Java VM karena banyak juga program yang menggunakannya.
3. Di Internet Explorer, klik Tools > Internet Options > Security > Internet. Tekan tombol ‘default’ dan tekan ‘OK’. Sekarang tekan ‘Custom Level’. Untuk ‘ActiveX’, pilih ‘prompt’ untuk ‘Download signed and unsigned ActiveX control’. Pilih ‘disable’ untuk ‘Download unsigned ActiveX controls’ dan ‘Initialize and script ActiveX control’.

Jika anda sedang menggunakan internet, anda mungkin akan ditanya apabila ada software yang mau di install di komputer anda. Untuk websites yang and sudah ketahui dan percayai anda dapat memindahkannya ke ‘Trusted Zone’ di Internet option > security.

Mengapa ActiveX berbahaya sampai anda harus meningkatkan security di komputer anda?

Ketika ‘browser’ anda menjalankan ActiveX control, ini sama saja dengan memerintahkan komputer anda untuk menjalan program (mengistall software dsb.). Apakah anda mau menjalankan program tanpa mengetahui program apa itu dan akibatnya bagi komputer anda?

Anda dapat menggunakan fitur ‘Immunize’ di SpyBot Search & Destroy untuk mencegah website-website yang tidak diinginkan menginstall program di komputer anda.

Program yang berfungsi sama yang juga dapat anda install adalah SpywareBlaster dari Javacool http://www.wilderssecurity.net). Program yang saya rekomendasikan dari Javacool lainnya adalah SpywareGuard. Software ini bekerja seperti anti virus tetapi untuk mencegah spyware. Tidak ada salahnya untuk menginstall software ini sebagai tambahan antivirus anda.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Anwar Saputra
Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

 

blog tutorial - IT & komputer Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha